selamat datang di tempat belajar Tempat Belajar: 3 Tips menjawab soal ujian nasional

Rabu, 12 Februari 2020

3 Tips menjawab soal ujian nasional

6 Tips Menjawab soal Ujian dengan Efektif

Halo guys! Kalo beberapa artikel sebelumnya gua sering bahas tentang persiapan belajar sebelum ujian, tulisan gua kali ini akan membahas strategi menjawab soal ketika sedang ujian! Nah, mungkin beberapa di antara lo ada yang mikir “emangnya jawab soal aja butuh strategi?”. Jawabannya bisa iya, bisa juga nggak… tergantung dengan bentuk ujiannya seperti apa.
Untuk ujian evaluasi seperti ulangan, quiz, UTS, atau UAS biasanya sih gak perlu strategi khusus untuk ngerjain soalnya. Tapi untuk ujian seleksi seperti SBMPTN, SIMAK UI, UTUL, dan Ujian Mandiri lainnya gua pikir akan jauh lebih optimal kalo lo ngerjain ujiannya dengan mikirin strategi jawab soalnya terlebih dahulu.
“Emang kenapa sih kalo ujian seleksi diperlukan strategi khusus untuk menjawab soal?”
Lo perlu ingat bahwa perbedaan fundamental antara ujian seleksi dengan ujian evaluasi adalah : ujian evaluasi (ulangan, UTS, UAS, dkk) bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana pemahaman lo akan materi tertentu. Sementara ujian seleksi (SBMPTN, SIMAK UI, UTUL, dkk) bertujuan untuk menyaring peserta terbaik yang dianggap layak dengan mengungguli peserta lainnya. Hal itu biasanya ditandai dengan 1 ciri khas dari bentuk ujian seleksi, yaitu:
Ujian seleksi didesain sesulit mungkin supaya bisa menyaring peserta yang layak, makanya soalnya susah, banyak, terus waktunya sengaja dibikin supaya mepet banget! Jadi bisa dibilang, hampir pasti lo gak akan sempet ngerjain semua soal kalo lo ngerjain soalnya dengan kecepatan normal seperti waktu ngerjain ulangan harian atau UTS Sekolah. Masalahnya, banyak siswa yang terbiasa dengan nuansa ujian evaluasi (contoh: ulangan harian) yang waktunya relatif cukup panjang untuk ngerjain semua soal.
Nah, kebiasaan agak ‘santai’ dalam mengerjakan soal ujian evaluasi seperti itu bisa berdampak fatal waktu dilakukan dalam ujian seleksi. Gak jarang, banyak siswa yang kaget waktu ngerjain ujian seleksi karena waktu ujian tinggal 10 menit lagi, tapi dia baru juga ngerjain setengah dari jumlah soal keseluruhan! Nah, karena itulah perlu ada strategi khusus dalam pengerjaan soal ujian seleksi seperti SBMPTN dan Ujian Mandiri.
Oke deh, terus strategi khususnya kayak gimana nih? Sabar, gua sebentar lagi gua akan bahas satu per satu di bawah. Tapi sebetulnya perlu gua tegaskan bahwa sebetulnya apa yang gua bahas di sini tidak mewakili pandangan zenius education secara keseluruhan, tapi berdasarkan pendapat gue pribadi aja. Maksudnya bisa jadi tips ini cocok buat lo, tapi bisa juga ada yang lebih nyaman dengan gaya lain. Pada akhirnya, sebetulnya cara ngerjain soal sih terserah gimana lo nyaman ngerjainnya. Di sini gua cuma memberi masukan, siapa tau tips dari gue ini cocok dan bermanfaat buat lo. Oke, kita langsung mulai aja pembahasannya:
tips ujian efektif

TIPS 1: Kerjakan dulu soal yang mudah / topik yang lo udah kuasai, dengan secepat mungkin!

Tegaskan sejak awal di pikiran lo bahwa tujuan lo dalam ujian adalah mengejar score sebanyak-banyaknya! Ini emang kesannya sepele tapi sebetulnya prinsip yang penting banget untuk diinget setiap kali ujian. Dengan menegaskan mindset seperti ini sejak awal dalam pikiran lo, setiap tindakan dan keputusan lo dalam ujian akan jauh lebih efektif dan terarah sesuai dengan tujuan lo itu.
Satu strategi yang biasanya melekat dengan prinsip ini adalah : Lo sebetulnya gak perlu ngerjain soa itu secara urut dari nomor 1, 2, 3, dst… Dengan prinsip ini, biasanya langkah pertama yang gua lakukan dulu adalah skimming (melihat sekilas) keseluruhan soal dulu terus gua tandain soal-soal yang gua perkirakan bisa langsung gua kerjakan dengan CEPAT dan BENAR! Terus gua kerjain deh tuh soal-soal yang mudah atau gua udah paham banget konsepnya dari awal dengan cepat.
Dulu strategi ini juga sangat membantu gua dalam meningkatkan kepercayaan diri gua sepanjang durasi ujian. Ingat, dalam ujian yang berpengaruh itu bukan cuma urusan otak, tapi juga urusan mental! Bisa lo bayangin sendiri, kalo dalam ujian ternyata 3-4 nomor awal aja lo gak ketemu jawabannya, bisa jadi lo malah panik dan soal-soal yang sebetulnya mudah malah gak bisa lo kerjain karena otak lo udah panik duluan. Tapi kalo dalam beberapa menit awal lo memulai dengan start yang oke, lo akan jadi tambah pede dan bisa jadi lo lebih tenang waktu ngerjain soal yang lebih sulit.

TIPS 2: Kalo lo mentok ngerjain soal, jangan kelamaan ngulik, tinggalin aja dulu!


53a034cca81bb708348b4568


Balik lagi ke prinsip awal, bahwa tujuan lo ujian adalah mendulang point sebanyak-banyaknya! Kalo dalam konteks SBMPTN, soal yang mudah, sulit, panjang, pendek…. semuanya itu sama-sama punya NILAI YANG SETARA, yaitu (+4) dalam ujian SBMPTN. Jadi kalo lo mentok, jangan kelamaan ngulik soalnya karena penasaran, langsung lewatin aja! Masih banyak soal lain yang lebih mudah dan punya nilai yang sama dengan soal-soal yang sulit. Kalo lo emang penasaran, nanti bisa lo kerjain ulang kalo masih ada sisa waktu.
Sebagai contoh, dulu gua punya temen yang gagal ujian cuma gara-gara masalah pride & gengsi. (Masa iya sih gua gak bisa ngerjain soal kayak gini doang?). Dia punya prinsip “pantang ninggalin soal yang belum ketemu jawabannya”. Jadi pada dasarnya dia anggep soal ujian yang susah itu sebuah tantangan, terus dia ngulik soal itu lamaa banget padahal ternyata itu salah soal & gak ada jawabannya. Ironis kan? Satu hal yang perlu lo ingat, bedakan konteks antara “belajar” dan “ujian”. Kalo pas belajar, mungkin lo emang demen ngulik soal karena penasaran dan merasa tertantang… dan emang sikap itu bagus, namanya juga lagi belajar. Tapi yang namanya ujian itu bukan waktunya lagi lo belajar, ujian itu waktunya lo mendulang point sebanyak mungkin. Pada akhirnya gak ada yang tau lo berhasil ngerjain soal yang sulit atau mudah, tim penilai cuma lihat score akhir lo doang.
Inget yah, waktu yang dikasih panitia untuk ngerjain ujian seleksi (SBMPTN, SIMAK UI, UTUL, UMB) itu mepet banget! Ada soal yang relatif mudah, sulit, dan gak jarang juga muncul soal yang salah ketik, salah soal, atau soal yang gak ada jawabannya. Jadi, lo harus cerdik memanfaatkan waktu untuk mencapai score setinggi mungkin dengan memprioritaskan soal yang lo bisa dengan secepat mungkin. Jangan sampai soal-soal yang sebetulnya mudah dikerjakan, malah jadi terlewat/gak sempet dikerjain hanya karena waktunya udah keburu habis dipakai ngulik soal yang ga ada jawabannya.

TIPS 3: Buat target waktu pengerjaan & target jumlah soal yang harus dikerjain untuk setiap section ujian.

Dalam ujian emang formatnya bisa macem-macem, ada yang kombinasi PG dengan esai. Ada juga PG semua tapi gabungan dari beberapa mata pelajaran. Tapi pada prinsipnya, perlu membuat target waktu pengerjaan soal setiap section supaya lo tetap aware dengan waktu yang mepet dan sempet keburu ngerjain semua section. Untuk memudahkan pembahasan, gua akan ambil contoh ujian TKPA SBMPTN 2018 dengan komposisi soal dan durasi ujian seperti di bawah ini:
TKPA sbmptn
Dalam ujian TKPA, total ada 90 nomor soal dengan waktu yang tersedia 105 menit. Berarti kalo dipukul rata, setiap nomor (seolah-olah) bisa dikerjakan 70 detik. Waktu 70 detik setiap nomor mungkin bisa lo lakukan untuktipe soal TPA verbal, pola barisan, atau pola gambar… Tapi apakah bisa lo kerjakan 1 soal = 70 detik untuk tipe soal logika analitik, teks bacaan bahasa indonesia dan bahasa inggris?? Tebakan gua sih lo memerlukan waktu yang relatif sedikit lama karena lo dituntut untuk membaca bahan teks yang panjang dulu sebelum menjawab soal.
Nah, sekarang kebanyang gak sih kalo lo langsung maju ngerjain soal tanpa strategi? Bisa jadi lo gak sempet ngerjain soal Bhs Indonesia dan Bhs Inggris sama sekali karena kelamaan ngulik soal TPA. Satu hal yang perlu lo pahami dalam ujian yang mencakup beberapa mata pelajaran seperti SBMPTN adalah : Jangan sampai lo gak sempet ngerjain 1 section mata pelajaran sama sekali! Kenapa? Dalam konteks ujian seleksi PTN, pastinya PTN top nasional punya standard supaya calon mahasiswanya punya kemampuan dasar di setiap mata pelajaran dong. Sekarang kalo lo gak sempet ngisi (misalnya) pelajaran Bhs Inggris sama sekali … itu artinya sama aja lo ngasih sinyal ke PTN yang lo tuju bahwa lo tuh gak bisa berbahasa Inggris sama sekali! Di sisi lain, pastinya PTN top nasional punya standard supaya calon mahasiswanya bisa berbahasa Inggris dengan cukup baik dong. Dengan kata lain, selain ngerjain soal dengan cepat, lo juga harus mikirin porsi pengerjaan setiap section per mata pelajaran, supaya sebisa mungkin seimbang.
Nah, saran dari gua, lo bikin porsi waktu pengerjakan masing-masing soal supaya seimbang, misalnya alokasi waktu pengerjakan soal per mata pelajaran ujian TKPA seperti ini:
  • TPA (45 soal) = 40 menit | target minimal = 40 soal
  • Matdas (15 soal) = 20 menit | target minimal = 10 soal
  • Bhs Indonesia (15 soal) = 15 menit | target minimal = 8 soal
  • Bhs Inggris (15 soal) = 15 menit | target minimal = 8 soal
  • Sisa waktu untuk ngulang soal yang terlewat atau gak yakin jawabannya bener = 15 menit
Perlu gua tegaskan bahwa target yang gua illustrasikan di atas perlu disesuaikan dengan kemampuan lo dan juga target jurusan kuliah yang lo incer. Bisa jadi target illustrasi gua di atas terlalu rendah buat elo yang emang ngincer jurusan PTN top nasional yang tingkat persaingannya ketat banget. Buat lo yang emang bertekad mau masuk jurusan favorit, pastikan target pengerjaan soal lo tiap soal setinggi mungkin bahkan kalo bisa semua soal TPA & Matdas harus bisa lo kerjain semua dengan benar.
Bagi lo yang emang gak ngejar jurusan favorit, dengan pembagian target waktu dan jumlah soal seperti ini… Mungkin emang gak semua soal bisa sempet lo jawab karena waktunya emang sengaja dibuat supaya mepet banget. Tapi senggaknya lo bisa mengalokasikan seluruh kemampuan lo secara merata dan efektif pada semua soal yang pasti bisa lo kerjain. Coba lo biasakan untuk disiplin membagi porsi waktu pengerjaan dari sejak try out mandiri dari sekarang-sekarang, jadinya nanti pas hari-H SBMPTN, lo udah terbiasa disiplin memanfaatkan waktu secara optimal.
Terlepas dengan target waktu dan jumlah soal yang lo buat, lo harus pastikan untuk disiplin dalam pembagian waktu. Kalo emang pas ngerjain soal TPA lo udah menyentuh menit ke-40 tapi belum sempet ngerjain soal sesuai dengan target, lo tetap harus maju ke section soal matdas berikutnya supaya semua section bisa lo kerjakan secara merata dengan porsi waktu dan usaha yang seimbang. Nah, cara melatih kedisiplinan gini ya mau gak mau lo harus rajin Try Out mandiri. Sebelumnya, gua udah sempet bahas pentingnya Try Out dan cara mendesain TO mandiri. Buat lo yang belum sempet baca, gua rekomendasikan banget untuk baca artikel itu setelah lo baca artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latihan SMBPTN Matematika

Latihan dan Pembahasan Soal HOTS SBMPTN: Matematika Dasar 2019 1. Misal  menyatakan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan  dan   me...