selamat datang di tempat belajar Tempat Belajar: Tips mengerjakan soal hots bahasa inggris

Rabu, 12 Februari 2020

Tips mengerjakan soal hots bahasa inggris

Tips Mengerjakan Soal HOTS UN Bahasa Inggris

Tips #1: No Hafalan!

Soal HOTS berbeda sama soal LOTS, Quipperian. Kalau LOTS memang ditekankan untuk mengingat, sementara soal HOTS lebih pada penalaran dan cara berpikir kamu. Kalau biasanya kamu menghafal vocab, rumus, atau bahkan soal cerita, dalam HOTS hal itu sama sekali enggak berlaku, Quipperian.
Sebab, soal HOTS akan meminta kamu menganalisis suatu soal yang jawabannya tidak bisa sekadar hanya dihafal atau diingat-ingat. Butuh kemampuan berpikir kritis dan kreatif supaya kamu bisa ketemu sama jawabannya. Nah, kemampuan berpikir kritis inilah yang enggak bisa muncul begitu saja.

Tips #2: Perbanyak Latihan Soal

Menyambung tips nomor 1 di atas, karena kemampuan berpikir kritis tak bisa muncul dalam waktu satu malam, makanya kamu harus perbanyak latihan soal yang mengandung unsur HOTS-nya. Dengan perbanyak latihan soal, kamu akan jadi terbiasa berpikir mendalam dan menganalisis suatu hal.
Ingat bahwa ada ungkapan, seseorang bisa karena terbiasa. Sama halnya seperti soal HOTS Bahasa Inggris. Selain nantinya kamu terbiasa dengan soal HOTS, kamu pun jadi banyak menambah kosa kata baru karena bertemu dengan banyak soal serta mendalami pemahaman grammar-mu. Otomatis kemampuan Bahasa Inggris kamu pun meningkat, Quipperian.

Tips #3: Jangan Cuma Latihan Soal UN, tapi SBMPTN Juga

Kamu tahu kan kalau soal HOTS nantinya akan muncul pula di SBMPTN? Nah, biar kemampuan berpikir kritismu lebih cepat terlatihnya, makanya kamu harus targetkan untuk belajar dari contoh soal yang lebih rumit, yakni soal HOTS SBMPTN.
Dengan sering ketemu soal HOTS SBMPTN, nantinya kamu pun merasa jadi lebih ringan dan simple saat mengerjakan soal HOTS UN. Kalau memang mau targetkan diri lebih tinggi lagi, kamu bisa mengerjakan soal-soal latihan SIMAK UI. Why? Karena soal SIMAK UI dari dulu sudah terkenal dengan level kesulitannya yang “wah” karena mengandung HOTS.

Tips #4: Terapkan Baca Novel Bahasa Inggris

Kenapa? Alasannya sederhana, Quipperian. Dengan membaca novel Bahasa Inggris, kamu jadi terbiasa membaca bacaan dengan bahasa asing, menambah kosa kata dan pemahaman grammar, serta menganalisa sebuah cerita. Novel merupakan teks narasi yang bisa membantu kamu menganalisis sebuah cerita mulai dari awal, dinamika masalah, klimaks, hingga penyelesaian masalah.
Dengan menerapkan aturan baca novel Bahasa Inggris, kamu pun jadi merasa enggak kayak belajar. Selain buat penghiburan diri, baca novel dengan bahasa asing pun akan sangat bagus untuk pengetahuan umum kamu, Quipperian.

Tips #5: Belajar Sesuai Kisi-kisi UNBK 2019

Nah, kalau menurutmu latihan soal yang selama ini kamu kerjakan terlalu “luas”, kamu bisa mempersempitnya dengan belajar sesuai kisi-kisi UNBK 2019 yang sudah disiapkan oleh BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Dengan memperkecil jangkauan belajarmu, mudah-mudahan kamu jadi bisa lebih fokus dan dan efektif.

Sumber:https://www.quipper.com/id/blog/un/tips-mengerjakan-soal-hots-un-bahasa-inggris/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latihan SMBPTN Matematika

Latihan dan Pembahasan Soal HOTS SBMPTN: Matematika Dasar 2019 1. Misal  menyatakan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan  dan   me...